Shalat Istikharah ( Kapan & Bagaimana )

Hari ini seorang sahabat mengingatkan saya, karena saya secara tergesa – gesa mengambil suatu pilihan tanpa shalat istikharah. Bagi seorang muslim, jalan terbaik saat digamangkan oleh beberapa pilihan, adalah dengan melaksanakanan sholat istikharah. Sholat yang tidak mengapa jika hanya 2 rakaat, dan tidak masalah jika kita melaksanakannya, baik di waktu sepertiga malam terakhir maupun di siang hari.

Sejujurnya, saya sendiri merasa kurang pantas untuk menuliskan panjang lebar perihal sholat ini, oleh karena itu cukuplah sebuah tanya jawab antara ustadz Ahmad Sarwat dengan seorang penanya berikut sebagai penjelasannya, kutipannya tanya jawab tersebut adalah sebagai berikut:

Assalamu’alaikum wr wb 

Ustadz Ahmad Sarwat Lc, yang insya Allah dimuliakan oleh Allah SWT, saya mau tanya kapankah kita seharusnya melakukan shalat istikharah dan dari segi waktunya apakah shalat Istikharoh ada batasan waktu? Seperti hanya dikerjakan pada waktu qiyyamullail dan sebagainya. Dan apakah jawabannya selalu lewat mimpi?

Xda

Jawaban:

Sholat istikharah boleh dilaksanakan kapan saja, baik siang maupun malam. Kalau dilakukan malam hari pada saat shalat tahajjud karena memang waktu seperti itu sangat utama. Namun intinya adalah ketika kita menghadapi persoalan yang berat maupun yang ringan. Dalam hadis Rasulullah SAW bersabda: 

“Apabila salah seorang diantar kalian berniat melakukan suatu urusan, hendaklah dia sholat dua raka’at yang bukan fardhu kemudian hendaklah dia berdo’a , “Allahumma…” (HR Bukhari) 

Dalam hadits tersebut dijelaskan waktunya adalah kapan saja dan tidak terikat. Oleh karena itu Imam An-Nawawi berkata, “Istikharah disunnahkan dilaksanakan di segala kondisi sebagaimana dijelaskan oleh nash hadis di atas.” (Al-Adzkar) hal tersebut juga dikemukakan oleh Ibnu Hajar Al-Asqolani (Fathul Bari 11/184) 

Dalam hadis tidak dijelaskan bagaimana jawaban akan diberikan, meskipun Imam Nawawi dalam kitabnya Al-Adzkar menyatakan hendaklah orang tersebut memilih sesuai dengan pilihan hatinya (hatinya menjadi contong terhadap suatu pilihan setelah sholat). 

Tetapi pendapat tersebut ditentang oleh sejumlah ulama karena hadis yang menjadi rujukan Imam Nawawi adalah hadis dhoif. Para ulama hanya menegaskan bahwa jangan memilih pilihan yang ada sebelumnya yang hanya berdasarkan kepada hawa nafsu (Fathul bari 11/187) 

Jadi yang seharus dilakukan adalah, setelah kita melaksanakan sholat istikharah kita pilih mana yang terbaik (berazam) dan meyerahkan segala urusannya pada Allah. Karena kalau pilhan tersebut adalah pilihan yang terbaik, maka Allah akan memudahkannya bagi orang tersebut dan akan memberkahinya. Tetapi jika hal tersebut adalah sebaliknya maka Allah akan memalingkannya dan memudahkan orang tersebut kepada kebaikan dengan idzin-Nya. (Bughyatul Mutathowwi’ Fi Sholat At-Tathowwu’ hal 105) 

Kami tidak mendapatkan dalil shohih yang menjelaskan tentang batasan minimum maupun maksimum pelaksanaan sholat istikharah. Sedangkan hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu sunni dari Anas r.a. ia berkata: Rasulullah SAW bersabda, “Wahai Anas, apabila engkau berniat melaksanakan suatu urusan, maka minta pilihan pada tuhanmu mengenai urusan tersebut tujuh kali, kemudian perhatikan mana urusan yang pertama dipilih oleh hatimu, karena kebikan ada padanya.” 

Hadis di atas dihoif sebagaimana dikemukakan oleh Ibnu Hajar, “Sanadnya dhoif sekali.” (Fathul Bari 11/187). Al-Iroqi berkata, “Mereka (para rowi) memang terkenal tetapi di antara mereka ada rowi yang terkenal dengan kedhoifannya (bahkan sangat dhoif) yaitu Ibrohim bin Al-Baro” (Kitab Al-Adzkar An-Nawawi dan Tuhfatul Abror As-Suyuthi hal 162-163) 

Apakah Jawabannya Selalu Lewat Mimpi?

Tidak ada satu keterangan pun yang menjelaskan bahwa hasil dari sholat istikharah akan ada pada mimpi. Sejumlah ulama di antaranya Imam An-Nawawi menyatakan bahwa pilihan akan diberikan kepada orang yang melaksanakan sholat tersebut dengan dibukakan hatinya untuk menerima atau melakukan suatu hal. 

Tetapi pendapat ini ditentang oleh sejumlah ulama diantaranya Al-’Iz bin Abdis-Salam, Al-Iroqi dan Ibnu Hajar. Bahwasanya orang yang telah melaksanakan sholat istikharah hendaklah melaksanakan apa yang telah diazamkannya, baik hatinya menjadi terbuka maupun tidak tidak. 

Ibnu Az-Zamlakani berkata, “Apabila seseorang melaksanakan sholat istikharah dua rakaat karena sesuatu hal, maka hendaklah ia mengerjakan apa yang memungkinkan baginya, baik hatinya menjadi terbuka untuk melakukannya atau tidak, karena sesungguhnya kebaikan ada pada apa yang dia lakukan meskipun hatinya tidak menjadi terbuka.” Beliau berpendapat karena dalam hadis Jabir tidak dijelaskan adanya hal tersebut (Thobaqot Asy-Syafi’iyah/ Ibnu As-Subki 9/206). 

Sedangkan hadis Anas bin Malik yang dijadikan alasan oleh Imam Nawawi didhoifkan oleh sejumlah ulama (Fathul Bari 11/187) 

Wallahu a’lam 

update:
doa setelah shalat istikharah (diriwayatkan oleh Jabir ibn Abdillah r.a dalam Sahih Bukhari)

((اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ -أَوْ قَالَ: عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ- فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ -أَوْ قَالَ: عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ- فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ)).


Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmu pengetahuanMu dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaanMu. Aku mohon kepadaMu sesuatu dari anugerahMu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku atau -Nabi Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: …di dunia atau akhirat- sukseskanlah untukku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untukku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaanMu kepadaku.

About these ads

118 gagasan untuk “Shalat Istikharah ( Kapan & Bagaimana )

    • Niatnya sebagaima sholat2 (sunnah/wajib) lainnya, niatkan di dalam hati untuk shalat istikharah karena Allah, sedangkan lafadz usholli… itu optional yg sebagian ulama menggunakannya untuk membantu memantapkan hati dalam meniatkan sholat tersebut.
      wallahua’lam

    • yang saya fahami, sholat istikharah di tujukan untuk memohon petunjuk pilihan terbaik atas beberapa pilihan, sedangkan untuk memohon terpenuhinya suatu kebutuhan/permohonan/hajat ada sholat sunnah hajat.

      sedangkan mengenai apakah permohonan kita terkabul setelah melakukan suatu amal, menurut saya, Insyaa Allah, Allah akan memberikan yang terbaik bagi kita (mari kita selalu berbaik sangka kepada Allah SWT :) ).

    • sebagaimana di artikel yang saya kutip, shalat istikharah tidak harus dilakukan di sepertiga malam terakhir, tapi di anjurkan di waktu itu, karena sepertiga malam terakhir adalah salah satu waktu yang mustajab (waktu dimana semua doa yang dipanjatkan di waktu itu akan terkabul), waktu dimana Allah SWT turun di langit dunia.
      sedangkan tentang terkabulkan atau tidaknya permohonan kita, menurut saya, Insyaa Allah, Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi kita
      (sebagaimana jawaban sebelumnya) :)

  1. Assalamualaikum, akhi…
    apabila saya ada suatu perkara, misalnya jodoh, saya mantap dengan seorang lelaki, tapi lelaki itu tak kunjung memberi kepastian, lalu apakah saya perlu sholat istikhoroh?
    pilihan buat saya kan cuma : maju atau mundur…
    apakah itu termasuk pilihan?
    syukron katsiran…

    • wa’alaikumsalaamwarahmatullah wabarakaatuh,
      jika ada dua, berarti pilihan, maka istikharah adalah salah satu jalannya.
      sedangkan mengenai pernikahan, setahuku jarang ada riwayat yang menceritakan seorang sahabat istikharah dulu saat memilih pasangan untuk dinikahi. jadi, jika memang seseorang itu baik agamanya (shalih), dan juga memenuhi kriteria lain yang anti tetapkan, maka mungkin lebih baik adalah maju.

      semoga anti mendapatkan jodoh lelaki shalih yang terbaik bagi anti. aamiin

      wallahua’lam

  2. Assalamu’alaikum wr. wb akhi

    masalah saya hampir sama dengan bunda nabila, tapi kasusnya saya dikenalkan dengan anak dari saudara jauh, tapi dari pihak saya maupun dia sama-sama belum mantap karena belum tertalu kenal satu sama lain, lalu kami berdua memutuskan untuk sama-sama sholat istikharoh, sudah hampir 4 bulan lamanya saya tidak memperoleh tanda apapun, begitu juga dengan dia, dan akhirnya diapun belum memberikan kepastian hingga suatu saat datanglah laki-laki lain yang berniat untuk serius dan segera menikahi saya, keduanya sebenarnya memiliki kepribadian dan agama yang baik, yang berbeda selain fisik adalah yang satu (yaitu anak dari saudara) bekerja di luar kota yang jauh dan yang satunya bekerja dalam satu kota dengan saya, sebenarna yang dimaksud dengan pilihan Allah itu yang bagaimana akhi? karena setelah saya beristikharoh untuk memilih salah satu diantaranya hingga saat ini saya belum juga bisa memutuskan,
    mohon penjelasan lebih lanjut.

    Jazakumullah khoiron katsiro..
    wassalamu’alaikum wr. wb.

    • wa’alaikumsalaamwarahamtullah wabarakaatuh,
      “hasil” dari sholat istikhoroh tidak selalu berupa mimpi, bisa jadi berupa kemantapan hati, kemudahan urusan, dsb.
      jika lelaki pertama belum menyampaikan pinangan (masih sebatas perkenalan), Insyaa Allah tidak mengapa jika ada lelaki lain (non mahrom) melamar; namun, jika lelaki pertama telah melamar ukht April, maka sebenarnya lelaki lain haram hukumnya untuk menyampaikan lamaran kepada ukht April, sebelum ukht april memutuskan menolak orang pertama tersebut. salah satu hikmahnya adalah agar tidak ada kebimbangan yang bisa jadi kelak akan berujung pada penyesalan setelah jatuh pilihan pada salah satu orang peminang.

      menurut saya, untuk kasus ini, tinggalkan yang meragukan dan pilihlah yang menenangkan; jika orang pertama tidak segera memberikan kepastian; akan lebih baik jika segera diputuskan; sehingga memberi kesempatan kepada ukhti untuk mengenal orang kedua (bukan dengan pacaran); jika memang beliau benar – benar baik, selanjutnya diskusikan dengan keluarga ukhti April. karena pernikahan bukan hanya antara dua orang, tapi juga persatuan dua keluarga, disamping keridloan orang tua dan keluarga juga adalah penting.

      jangan lupa untuk senantiasa berdoa & sholat dalam prosesnya, semoga dengan demikian ukhti mendapatkan petunjuk dan pertolongan dari Allah SWT; jika memang ini tidak baik, pasti Allah SWT akan menolong untuk menghindarkannya, dan jika ini baik pasti Allah SWT akan menolong untuk mempermudahkannya bagi ukhti April; Insyaa Allah itulah salah satu bentuk pertolongan Allah dalam menunjukkan pilihan yang terbaik bagi kita.

      semoga urusan ukhti April dimudahkan Allah SWT; dan kelak mendapatkan jodoh lelaki yang shalih dan terbina keluarga sakinah, mawaddah wa rahmah. aamiin

      wallahua’lam.

  3. Assalammu’alaikum
    saat ini saya suka dengan seorang akhwat…. ia teman SMA dulu, ia memiliki akhlak yg baik dan dari keluarga yg baik pula.
    saya 23 tahun dan telah memiliki pekerjaan tetap, namun hingga saat ini saya masih ragu untuk segera menikah!
    apakah saya perlu sholat istikharah meminta petunjuk dari Allah apakah ia jodoh saya atau bukan!
    apakah ini termasuk pilihan?
    trima kasih..

    • wa’alaikumsalaamwarahmatullah,
      shalat istikharah itu dianjurkan untuk memantapkan setiap rencana, menurut saya, sebaiknya anda juga shalat istikharah, semoga segera dikaruniai kemantapan untuk menyempurnakan separuh agama :)

  4. assalamualaikum,
    akhi..
    saya seorang mahasiswa yang sedang dilanda kebimbangan hati. jadi gini, apakah saya perlu solat istikharah untuk menentukan jodoh saya antara si A dan si B?
    tolong bantuannya,
    wasalamualaikum,,,

    • wa’alaikumsalaamwarahmatullah wabarakaatuh,

      menurut saya, yang sebaiknya anti lakukan pertama adalah menilai calon tersebut. dan Rasulullah SAW menganjurkan untuk menggunakan 4 kriteria (agama, nasab, kecantikan/ketampanan dan harta) , dan menggunakan agama sebagai kunci penilaian pertama kali dan paling utama.

      dan ketika dari kriteria itu sudah cukup jelas, selanjutnya sholatlah istikharah untuk memantapkan pilihan. oh iya, saya tidak mengatakan sholat dan penilaian kriteria ini berurutan, namun bisa saja dilakukan bersamaan, sembari “meneliti” calon pasangan, senantiasalah memohon petunjuk Allah SWT. Insyaa Allah, Allah SWT akan menganugrahkan kemantapan dalam hati. aamiin
      dan semoga kelak dikaruniai pasangan yang shalih dan kelak menjadi keluarga sakinah, mawaddah wa rahmah.

  5. ASS.WR.WB
    saya sedang memiliki masalah. dan saya meminta petunjuk terhadap masalah itu. tpi masalah saya bukan diantara 2 pilihan atau lebih.masalah yang saya hadapi adalah apakah wanita (mantan) yang dekat lagi itu hanya sekedar saja ataukah memang kami akan disatukan kembali ataukah saya hanya sebagai pelarian saja. Mengingat bahwa ternyata dia tidak mendapat perhatian dari kekasihnya yang baru.
    Nah apakah dengan sholat istikhoroh ini saya bisa meminta pada ALLAH petunjuk apakah kedekatan saya dengan dia ini akan disatukan kembali atau hanya sekedar saja ataukah hanya sebagai pelarian saja.
    mohon dibalas.
    ASS.WR.WB

  6. Assalamu alaikum wr. wb.sekedar masukan aja terutama yang terkait jodoh…

    keraguan untuk nikah atau jodoh tadi, mungkin memang salah satu jalannya dengan Sholat istikhoroh..
    cz kakak sepupuku pernah melakukan itu, saat dia sudah punya calon yang sehati, namun ada beberapa faktor yang membuatnya ragu, dia langsung melakukan sholat istikhoroh tadi. Akhirnya dia juga melakukan petunjuk yang dia dapat meski ga happy ending :)

    sekian bagi2 ceritanya

    Wassalam…

  7. Assalamu alaikum wr. wb,
    apa ada ketentuan untuk masalah teknis shlat istikhoroh itu sendiri. maksudnya, rakaa’at pertama membaca surah alkafiruun, raka’at kedua surah al-ikhlash. Mohon bantuannya. Syukron Katsiron.

    Wassalaam

    • wa’alaikumsalaamwarahmatullah wabarakaatuh.
      setahu saya tidak ada ketentuan khusus yang mengharuskan suatu bacaan surah al-Qur’an tertentu pada setiap rakaatnya.
      namun dilaksanakan seperti sholat pada umumnya (rukun-rukunnya), hanya saja ada doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW

  8. sbenarnya sholat istikhoroh tu hanya di lkukan 2 rakaat sja dalam 1 hari 1 malam sja? atau 2 rakaat hanya dalm 1 wktu? sperti halnya siang kta sudah mlaksanakan 2 rakaat, trus malamnya 2 rakaat lgi.pa tu bleh………?

    • setahu saya, tidak ada ketentuan khusus mengenai waktu pelaksanaan sholat istikharah; namun, akan lebih baik jika dilakukan di saat – saat mustajabnya doa, seperti di sepertiga malam terakhir.
      sedangkan membaca surah al-Kafirun setelah al-fatihah di rakaat pertama dan surah al-Ikhlash/qul huwallahu ahad setelah al-fatihah adalah mustahab/sunnah (bukan wajib) di dalam shalat istikharah.

    • wa’alaikumsalaamwarahmatullah wabarakaatuh
      tentu saja sahabat, kita tidak dituntut untuk mengerjakan yang sunnah, sebelum bisa mengerjakan yang wajib dengan sempurna;
      sebagaimana anda tidak perlu memaksakan diri untuk sholat tahajud, jika anda belum sanggup melaksanakan sholat wajib 5 waku :)

  9. Assalamualaikum wr.wb,

    saya sedang punya masalah… saya yakin dan mantap dengan seseorang, begitupun dengan dia… tp sayang dia sudah punya istri… saya binggung sebenernya saya sudah tidak mau melanjutkan hubungan ini karna saya tau itu dosa, tpi laki2 ini trus memberi saya harapan kalo dia sudah tidak mencintai istrinya dan dia masih berthan dengan istrinya hanya karna kasian dan tuntutan ortu karna dia tidak mau dibilng anak yg ditak patuh pada ortu…
    saya binggung apakah saya harus bertahan ato melupakan dia, tiap saya selesai sholat istikharoh hati saya mantap dengan dia… tp apakah ini jawabannya..?? bagaimana dengan status dia…???

    • wa’alaikumsalaamwarahmatullah wabarakaatuh,
      alhmadulillah, mbak sudah bisa merasakan dan menilai ketidak tepatan perbuatan tersebut.
      ada perbedaan kemantapan karena keinginan/nafsu dan kemantapan disertai ketenangan;
      saya kira pernikahan itu dilandasi oleh komitmen, dan cinta itu ada kalanya naik dan turun, oleh karena itu perlu diusahakan; tidak lantas karena pasangan kita berubah/tidak sesuai dengan angan2 kita saat akan menikah lantas langsung dicerai;

      mungkin mbak Nunung juga perlu memposisikan diri sebagai Istri lelaki tersebut, bagaimana perasaannya jika dicerai karena ternyata ada wanita lain yang dicintai suaminya tanpa sepengetahuannya. sungguhpun hak cerai itu ada pada lelaki/suami.
      selanjutnya saya kira orang tua, dan ulama/ustadzah bisa dimintai masukan mengenai hal ini.

      semoga mbak Nunung mendapatkan jodoh suami yang shalih, yang setia. aamiin :)

  10. Assalamualaikum wr.wb.
    Saat ini saya bingung dgn 2 pilihan untuk mnentukan yg mana yg harus sya pilih untuk menjadi calon istri saya.Apakah selain sya yg mlaksanakan sholat istikharah apakah orang tua sya jga bisa untuk ikut mlaksanakan sholat istikharah untuk ikut membantu sya dlam memilih calon istri sya tersebut.karena jujur saja saat ini sholat wajib saya msih blum sempurna.

    • sempurnakan sholat wajib anda, serta diskusikan hal ini dengan orang tua; serta laksanakan sholat2 sunnah.
      dan agar tidak menyakiti hati orang lain, maka jangan menjanjikan sesuatu yang kemungkinan tidak dapat anda penuhi.
      semoga anda mendapatkan pasangan yang shalihah. aamiin. :)

  11. assalamualaikum….
    saya sedang punya masalah…kemaren2 saya dkt dgn @ pria,tp saat ini kami sdh tdk berkomunikasi lagi. dan kemaren2 itu sempet ada pembicaraan ke arah pernikahan bersamanya walaupun pembicaraan itu belum penuh 100 %. saya ingin mengetahui kepastiannya tp sdh sgt sulit utk dibicarakan lagi. saya berharap dia lah jodoh saya. nah,saya mw tanya apakah utk mendapatkan petunjuk allah ttg keresahan saya ini,saya harus melakukan shalat istikharah? klo shalat istikharah dilakukan stlh shalat witir bisa ndak ya…

    • wa’alaikumsalaamwarahmatullah wabarakaatuh,
      Allah SWT menjanjikan bahwa dengan banyak berdzikir, mengingat Allah SWT, maka hati akan menjadi tentram (ar-Ra’d:28);
      adapun istikharah, adalah agar ditunjukkan dan dimantapkan terhadap suatu pilihan;
      sedangkan shalat hajat, adalah untuk agar ditolong Allah dikabulkan hajat kebutuhan/keinginan kita.

      pada umumnya, ulama berpendapat, bahwa sholat witir adalah sholat penutup (sholat2 sunnah di waktu malam), namun ada juga yang berpendapat tidak mengapa sholat sunnah lain meskipun sehabis sholat isya kita telah melakukan sholat witir.

      wallahua’lam bishshowab.

  12. Assalamualaikum…
    sya pnya mslah n tlong masukan..
    dlm bbrapab bulan yg lalu sy deket dgn sseorang, kmi sempat merencanakan ke arah yg lebih serius yaitu pernikahan..sya jga sudah mncritakan rencana kmi k ortu sya,
    tp krna ada sedikit mslah akhirny qta putus kmunikasi, blum lama ini sya tanya kelanjutan hubungan qta tp cowo itu ga ngasih respon yg baik..sya jd bingung..tp sya slalu teringat sma dy, sya sangat berharap dy jodoh sya krna sya menginginkan laki2 yg baik agama ny, dan laki2 itu agamany bagus itu yg buat sya sngat berharap sma dy..
    sya mo tanya apakah sya hrus sholat istikharah utuk mndapat ptunjuk Allah ttg keresahan hati sya..hati sya sekrang ini sngat resah, sering teringat sma dy…sya mhon solusiny…

    • wa’alaikumsalaamwarahmatullah wabarakaatuh

      saya tidak tahu pasti situasinya, namun saya kira lelaki yang baik, akan memberikan kejelasan dan respon yang jelas tentang urusannya dengan anda tersebut.
      saya hanya mendoakan semoga doa harapan anda untuk mendapatkan laki-laki yang baik agamanya terkabul. aamiin.

      dan memperbanyak amalam sunnah, disamping amalan wajib adalah sangat baik dan sangat dianjurkan.
      dalam sebuah hadits qudsi Allah SWT berfirman:

      “Siapa yang memusuhi seorang kekasihku, maka Aku menyatakan perang kepadanya, dan tiada mendekat kepadaku seorang hambaku, dengan sesuatu yang lebih kusukai daripada melaksanakan kewajibannya, dan selalu hambaku mendekat kepadaku dengan melakukan sunah – sunah sehingga Aku sukai, maka apabila Aku telah kasih kepadanya, Akulah yang menjadi pendengarannya, dan penglihatannya, dan sebagai tangan yang digunakannya dan kaki yang dijalankannya, dan apabila ia memohon kepadaku pasti kukabulkan dan jika berlindung kepadaku pasti kulindungi”. ~ HR. Bukhari

      • Makasih atas masukan nya…saya Alhamdulillah skrang meningkatkan ibadah sunnah sya, klo ibadah wajib udah pasti slalu sya jaga, krna hnya dngan ibadah sya merasa hati sya lbih tenang, hati sya skrang bener2 resah, jujur sya merasa ga sanggup sperti ini…

        tp sya masih sering kepikiran sma dy, klo udah kepikiran bawaan ny nangis n jd ga semangat ngapa2in..wktu sya tanya kelanjutan hbungan sya dgn dy, dy jwab ga mau pacaran tkut dosa, trus klo utk nikah skrang dy blum siap, krna msih kuliah S2..sya ga tau apakah itu hnya alasan utk ga mau melanjutkan hubungan dgn sya, apakah dy udah ga da hati lgi sma sya

        tp sya bingung dgn dri sya, sya ga bsa melupain dy n semua itu ada dampak negatifny bgi sya, sya jdi kurang smangat..sya berdoa dy jodoh sya tp sya jga berdoa klo dy bukan yg terbaik buat sya, maka beri kemudahan utk melupaka dy, sya bener2 resah skrang..
        apakah ini ujian buat sya, tp sya merasa ga sanggup, sya jga jdi sering skit skrang..

        mohon masukan lgi, sya butuh bnyak masukan agar bsa membuka pikiran n mudah2an bsa mnbantu sya..
        sebelum ny terima kasih..

      • saya sendiri belum memiliki cukup pengalaman dalam masalah seperti ini, namun saran saya tetaplah istiqamah dalam ibadah dan kebaikan; jaga jarak dengan orang tersebut; agar tidak bertambah bimbang dan sakit, disamping pergaulan yang melampaui batas adalah terlarang;
        semoga dengan demikian Allah SWT memberikan pertolongan, dan memberikan jodoh yang shalih dan terbaik bagi anda. aamiin :)

  13. assalamualaikum wr wb……………
    seblumnya saya mau bertanya niy saya punya pacar wktu saya pertama jadian saya sllu sms am dy n dia blas terus……..tapi skrng ini g jarang bngt dia sms aku bhkan skrng g pernh sms lgi terkdang jga kalau saya sms g di blsnya n telponku jga g diangkat
    yang sya mw tnyakan apakah saya hrus melaksanakan sholat istikhara……jjr aja sya tdk pernh melksanakan shlt ini tp sya slma pcran ama dy sya rajin sholat tahajjud n dhuha

    • wa’alaikumsalaamwarahmatullah wabarakaatuh,

      Alhamdulillah, saya kira situasi anda saat ini lebih baik daripada sebelumnya; karena bagaimanapun juga pacaran itu dilarang oleh agama, hingga lelaki dan perempuan tersebut menikah.

      mungkin, cara yang lebih baik bagi mba adalah menikah dengan beliau, sehingga anda bebas ber-sms, telpon atau bahkan lebih dari itu :)

      semoga kita bisa istiqamah dalam iman dan beribadah, dan semoga kita kelak dikaruniai pasangan yang shalih/shalihah. aamiin

  14. saya mengalami cobaan yaitu tidak mndapat restu dari orang tua pacaar saya,alasannya karena kami berbeda suku,,,apakah saya harus mnjalankan sholat istiqarah untuk memantapkan hati saya untuk tetap maju atao mundur?mohon jawabannya,,

    • istikharah untuk memantapkan pilihan, dan terus berdoa; juga meminta calon pasangan untuk meyakinkan kedua orang tuanya; jika memang calon pasangan anda tidak mampu meyakinkan kedua orang tuanya; menurut saya akan lebih baik jika anda memilih pasangan lain yang lebih shalih yang juga merestui pernikahan anda.
      semoga kelak menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah, aamiin :)

      • mnurut sya, klau ukhti sma2 ska tp tdak ada restu,cba cri pihak k’3 yg bsa mempengarui ortu psangan ukhti.smisal ustAd.
        tp klau msi tdk bsa mkin itu bkan jdoh ukhti.
        smga ukhti dpt jdih yg sholeh dan arif.amin

  15. ass wr.wb….
    mohon bantuannya…saya lagi bgung bgt dgn masalah ini…saya punya cowo qt sudah menjalin hub 3 thn smp skrg blm menikah karna ortu cowo saya ga setuju krn ada pilihan ibunya dikampungnya jdnya smp skrg dia blm nikahin saya dan selain itu juga msh ada keraguan di hati dia…dan belum lama ini saya diknalin dgn tmn saya cowo dan akhirnya saya jadian skrg da hampir 2 bulan berjalan…dgn yg cwo baru saya ini saya belum mantab di hati saya masih ada keraguan karna msalah pekerjaan yg belum tetap tapi dia bil hubungan kita ini serius untuk nikah saya jadi bgung dengan 2 pilihan ini…mana yang baik buat saya…mohon bantu saya….

    • wa’alaikumsalaamwarahmatullah wabarakaatuh,

      mbak oktavianti sebaiknya sholat istikharah untuk memantapkan pilihan,
      sedangkan pacar yang telah lama tidak memberikan kepastian, sebaiknya ditinggalkan jika memang tidak dapat segera memastikan keputusan; sehingga mbak tidak perlu lagi berpacaran.
      sedangkan kenalan yang baru juga demikian, akan lebih baik jika persahabatan tidak melampai batas-batas syariat; agar kelak pernikahannya berkah. aamiin

  16. Gak jelas nih pembahasannya.. jadi yg shohih yg seperti bagaimana… kami yg nanya kebanyakan blm paham bngt dalil2x jadi jgn dibikin bingung antara mana yg shohih dan yg doif… singkat, jelas.. dan padat…

    • pak Voe69,
      maaf, yang mana yang tidak jelas ? di tulisan tersebut, telah di jelaskan mana yang sebaiknya di lakukan, menurut pendapat para ulama.
      sehingga kita yang pengetahuan hadits-nya minim, bisa ikut dengan pendapat para ulama, yang ilmunya jauh lebih luas. :)

      namun, jika yang pak voe69 kehendaki tentang pembahasan drajat hadits yang berkaitan tentang sholat istikharah, maka akan lebih baik kita mendiskusikannya kembali di tempat yang berbeda :)

  17. Aslkm,

    Saya mau tanya berapa jangka waktu untuk ke depan ketika perlu mengistikharahkan sesuatau hal. Sholat istikharah sampai berapa hari ? Bagaimana respon yang baik terhadap seorang teman yang memberikan sinyal tetapi tidak berani mengungkap dengan jelas apa maksudnya ?

    Diatas jelas bagaimana untuk mencari istri, bagaimana kriteria calon suami yg baik sesuai hadist.

  18. asssssssssssss…………….
    mas saya mau tanya.saya sudah menjalani hub.sktr 3 thn.beberapa waktu yang lalu orang tua pcr saya itu.minta kjlsan hubungan saya dengan ananya.beliau pgen orang tuaq segera datang menemuinya.sebelum orang tuaq datang aq dan pacarq sholat istiqoroh dulu.agar dieri kemantapan .saat sholat pcr saya diberi kemantapan dengan munculnya wjh saya dlm sholatnya.namun saya tdk seperti itu.setelah sholat y saya rasakan biasa2 saja tdk ada ptunjuk.namun pada akhirnya oarang tua q juga datng menemui orang tua pcr saya.dan kedua ortu merestui.tapi saya msh blm begitu mantab.msh ada sdkt yang mengganjal di hati.itu cuma skdr perasaan atau gganguan setan aja.trus apa yang harus aku lakukan agar hati saya ini mantap dan bisa benar2 MENERIMA BAHWA DIA JODOH SAYA.

    mohon balasanya…
    wassss………..

    • wa’alaikum…
      rasa was-wasa itu pada umumnya dari setan, maka kita bermohon perlindungan dari godaan setan yang terkutuk.

      saya kira, akan lebih baik jika anda segera melanjutkan ke dalam pernikahan daripada anda meneruskan proses pacaran yang tidak pasti dan cenderung untuk membawa kepada keburukan.
      semoga dengan demikian hati anda dan pasangan (beserta orang tua anda berdua) menjadi lebih tentram, bukankah menikah adalah salah satu hal yang bisa menimbulkan sakinah/ketentraman :)

  19. saya seorg istri dr seorg mualaf.. telah menikah 8 th tp sampai sekarang suami tdk sholat n jadi imam dlm arti memberi contoh dan menafkahi.. selama ini saya mencari nafkah sendiri bahkan terkadang dimintai uang oleh suami, semua kebutuhan saya yg mencukupi… masalahnya sekarang saya ketemu mantan pacar waktu sma, dia sudah menduda krn istrinya yg mualaf kembali ke agamanya semula.. dia “meminta” saya mewujudkan impian berumah tangga yg sakinah mawadah warohmah… saya masih mencintainya n berharap bisa mewujudkan impian itu… saya sdh sholat istikharah, hati saya mantan dgnya tp suami tak mau melepaskan,… apa yg hrs saya lakukan..

    • menurut saya,
      selagi anda masih sebagai istri dari seorang muslim; maka yang pertama harus diperhatikan adalah agar menjaga pergaulan; dan tidak melampau batas; disamping untuk menjaga perasaan suami anda, hal demikian adalah tuntunan dari Allah SWT. selain agar apapun keputusan anda kelak, itu bukan keputusan yang emosional, karena pada dasarnya apa yang dijanjikan/ditawarkan oleh teman anda itu adalah suatu yang gaib, dimasa mendatang; dan tidak ada jaminan bahwa menikah dengan teman anda tersebut akan menjadikan anda lebih berbahagia.

      selanjutnya, dalam situasi anda, saya menyarankan, anda mencoba mendiskusikan dengan pasangan, hal-hal yang anda inginkan, dan bagaimana berislam yang baik kepada suami anda. semoga dengan demikian Allah SWT memberikan petunjuk kepada suami anda. aamiin

      namun demikian, pada dasarnya, meski hak talak itu ada pada lelaki (suami), namun wanita dapat pula mengajukan talak, sering disebut khulu’;
      hal ini bisa dilakukan jika ada alasan-alasan syara’ yang membenarkannya; misalnya suami yang tidak dapat memenuhi nafkah istrinya (lahir/batin), dst. untuk lebih jelasnya bagaimana proses khulu’ dan kewajiban istri setelah khulu’ (misal:mengembalikan mahar) anda bisa bertanya kepada ustadz/ulama setempat, KUA atau pengadilan agama.

      semoga kita semua dikaruniai kebahagian di dunia dan akhirat, aamiin :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s