Harapan

aku teringat akan sebuah cerita kotak pandora dari yunani, diceritakan suatu ketika Pandora, seorang putri bangsawan pada zaman yunani kuno, diberi hadiah berupa kotak misterius oleh para dewa yang iri akan kecantikannya. Ia diberitahu bahwa ia di larang membuka hadiah itu. Tapi pada suatu hari, karena di kuasai oleh rasa ingin tahu dan tergoda, Pandora mengangkat tutup kotak itu dan mengintip ke dalamnya, begitu kotak itu terbuka, lepaslah segala siksaan hebat(penyakit, keputus asaan, penyakit gila) ke dunia. Tetapi, seorang dewa yang penuh belas kasih menyuruhnya menutup kotak itu tepat pada waktunya untuk menangkap satu – satunya obat penawar yang membuat kesengsaraan hidup ini dapat ditanggulangi: Harapan.

dalam hidup terkadang (bahkan sering) kita berbuat kesalahan, namun demikian Allah SWT Yang Maha Pengasih melarang kita untuk berputus asa dari Rahmat Kasih sayang-Nya. dalam al-Quran Surat Az-Zumar ayat 53 Allah SWT berfirman:

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

oleh karena itu aku tak mau berputus asa dari Rahmat-Nya, Ya Rabb Tunjukilah aku agar selalu di jalan-Mu.

dan akhirnya aku ingin mengutip tulisan Daniel Goleman dalam bukunya (Emotional Intelligence) :

Dari sudut pandang kecerdasan emosional, mempunyai harapan berarti seseorang tidak akan terjebak dalam kecemasan, bersikap pasrah, atau depresi dalam menghadapi sulitnya tantangan atau kemunduran. Sungguh, orang yang punya harapan tinggi tidak mudah depresi dibandingkan orang – orang lain sewaktu mereka bergerak menempuh hidup dalam mengejar sasaran, pada umumnya tidak begitu cemas dan beban stres emosionalnya begitu rendah.

Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari kesusahan dan duka cita
Dan aku berlindung kepada Engkau daripada sifat Lemah dan Malas
Dan aku berlindung kepada Engkau dari sifat bakhil dan pengecut/penakut
Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan
kekuasaan orang lain terhadap diriku (sehingga aku tidak punya kemerdekaan pribadi lagi)

One thought on “Harapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s