Cara gila menangani luapan lumpur sidoarjo

sebagaimana kita ketahui, sudah lebih dari setahun luapan lumpur sidoarjo keluar, namun sampai sekarang belum ada tanda – tanda akan berhentinya luapan lumpur tersebut. ironi memang, di tengah usaha indonesia untuk kemandirian dan kemajuan teknologinya, mengatasi satu permasalah luapan lumpur masih saja belum sanggup. dan hal ini juga menunjukkan betapa manusia ini tidak berdaya apa – apa di hadapann-Nya.

sementara itu, kemarin saya membeli sebuah susu krim kaleng, kemudian saya buka kaleng susu tersebut dengan membuat sebuah lubang pada satu sisi kaleng; susu-pun keluar; dengan segera saya membuat lubang di sisi lain kaleng agar luapan susu tersebut segera berhenti; dan memang langsung berhenti :). nah, kejadian itulah yang akhirnya menggelitik saya untuk menuliskan sebuah ide gila untuk mengatasi luapan lumpur lapindo. menurut (ide gila) saya, sebaiknya tim BPLS tidak perlu lagi berusaha menutup luapan lumpur akibat lubang baru yang beberapa kali muncul, bisa jadi lubang – lubang baru yang muncul tersebut merupakan usaha penyeimbangan alam untuk menghentikan lumpu dengan sendirinya. kini sudah saatnya tim BPLS “membuat” satu lubang lagi untuk menyeimbangkan besarnya tekanan yang ada di perut bumi; sebagaimana sebuah susu kaleng yang berhenti memuntahkan luapan susu krim di dalamnya segera setelah saya menambahkan satu lubang lagi di kaleng tersebut, mungkin dengan penambahan satu lubang lagi, akan segera mempercepat keseimbangan tekanan yang ada di perut bumi; yang pada akhirnya akan mempercepat berhentinya luapan lumpur di sidoarjo tersebut. seingat saya kolam minyak di dalam bumi itu berupa kolam, cekungan, reservoir, hal ini bagaikan sebuah kaleng susu, jadi mungkin saja teori kaleng susu ini juga berlaku bagi “kaleng lumpur” atau “kaleng minyak”.

eit!, jangan terlalu serius ya membacanya, saya bukanlah seorang pakar geologi, jadi jika melakukan anda ide gila saya ini, resiko bukan tanggung jawab saya :). pengen banget membuat gambar ilustrasinya, tapi kurang pandai gambar jadi gak ada ilustrasinya.

2 thoughts on “Cara gila menangani luapan lumpur sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s