WP : Camera Live Capture dengan JMF

mulai minggu ini saya mencoba mengisi weekend dengan mengerjakan weekend project (WP),

wp saya kerjakan untuk mengisi “waktu kosong” sabtu-minggu, untuk wp pertama ini, saya mengerjakan

sebuah aplikasi untuk menampilkan hasil capture kamera (webcam) secara live. saya menggunakan java (JDK1.6)

plus library JMF 2.1.1e dari sun.

inilah dia screenshot-nya:

image
siapa?

hasil ini saya peroleh dengan menggunakan webcam bawaan laptop yang beresolusi 1.3 Mpx. saya masih belum mengimplementasikan

double buffering, sehingga kadang masih muncul flickr dari hasil tangkapan kamera.

[OS: MS Windows Vista Business, JDK 1.6, webcam 1.3 MPx, JMF 2.1.1e]

mau tau teknis gimana cara ngebikinnya, mungkin lain kali, atau e-mail saya langsung saja kalau butuh source code :)

source download ada di thread ini : webcam capture source code

16 thoughts on “WP : Camera Live Capture dengan JMF

  1. bos baru ngeblog tahun ini ya? sama dong.
    bagi source code nya boleh?
    saya juga pengen nyoba2 nih JMF.
    tapi kayanya sun udah ninggalin API ini ya. gak ada update terbaru.
    anyways, bagi source codenya dong. thx.

  2. wah jago kayak gitu bilang amatiran :), jadi malu sendiri saya.
    ok, lain kali aku tulis di blog ini saja ya :), biar datang ke blog ini lagi :D
    o iya, jmf memang dah lama gak di kembangin, tapi ada yang lain yang ngembangin
    API yang mirip JMF yaitu FMJ (coba search di google).
    sorry lama balasnya, soalnya biasanya nulis blognya lewat windows live writer,
    jadi jarang login langsung ke wp, dan liat dashboard.
    ~kind regards

  3. waaah.., nice aku lagi butuh banget tuh. cara nyambungin aplikasi ke webcam. aku bikin aplikasi pengolahan citra digital/photobooth (kaya aplikasi di mac) realtime camera. aku bikinnya pake java, dan pengen tau gimana caranya nyambungin aplikasi itu ke webcam.

    maksih sebelumnya…^^

  4. :2all ^
    karena laptop saya sedang di servis, dan dokumen2 lama saya kebanyakan di laptop, jadinya nunggu laptop selesai di servis, insyaaAllah baru bisa dikirim.

  5. mas program tu bagus ko. saya jg mo bljar. oh ya ada ga program bwat ngrim gambar hasil capture webcam pake fasilitas MMS jadi ngrim dr program lewat PC ke hp lewat MMS? tolong ya mas klo ada krim k email saya. soalna saya gi btuh itu bwat tgas akhir sya nih. makasih. tambahan : hp saya sonyericcson type K510i

  6. asalamualaikum mas,, salam kenal dari ady jogja.

    saya mau tanya soal JMF server. nah ini saya sudah bikin aplikasi VideoCam dan sudah bisa nyimpen video dan audio nya. yang jadi pertanyaan saya adalah : bagaimana caranya supaya hasil simpenan video dan audio tadi bisa secara streaming langsung di lihat di komputer lain yang terkoneksi via kabel UTP. mohon bantuannya mas : kirim via email yah : 4lk4l1@gmail.com
    makasih sebelumnya :D

Tinggalkan Balasan

