Masa Depan Pertanian

adalah suatu hal yang tak kurang menariknya jika di bandingkan dengan membicarakan masalah teknologi informasi adalah membicarakan masalah pertanian. bagaimanapun juga jumlah manusia dari masa – kemasa terus bertambah, sebaliknya jumlah lahan untuk pertanian dari tahun – ketahun terus menurun. bagaimanapun juga peran pertanian dalam kehidupan manusia sangat penting. bagaimanapun majunya teknologi informasi dan elektronika, masih saja tidak mungkin memberi makan manusia dengan silikon, minuman aliran elektrik, bubur bit 0/1, sayuran data, di tambah beberapa giga aliran data multimedia sebagai pengganti susu.

isu pemansan global (global warming), bukan global worming (apalagi global trojan, virus, etc.), yang pada akhirnya sangat mungkin jumlah daratan pada masa yang akan datang akan semakin berkurang akibat semakin meningkatnya tinggi permukaan laut, jika benar – benar es di kutub terus mencair tanpa henti. semakin berkurangnya “daratan” juga diakibatkan oleh semakin majunya teknologi manusia, lho kok demikian, ya jelas saja semakin maju teknologi kita ternyata mendorong manusia untuk terus membangun infrastruktur teknologi tersebut yang akhirnya menghabiskan lahan pertanian tersebut. jika jumlah daratan (lahan pertanian) semakin berkurang, lalu dimanakah lagi para petani akan menanam tanaman pertaniannya, terus jika memang mereka telah memperoleh lahan untuk pertanian tersebut, masihkah lahan pertanian tersebut menghasilkan pangan yang mencukupi jumlah manusia yang terus bertambah ini?, bisa jadi jawabannya adalah tidak, jika kita masih menerapkan teknik pertanian yang konvensional.

mungkin salah satu jawaban dari peramasalahan pertanian, adalah dengan bioteknologi, terlepas dari kontroversi yang saat ini terjadi, melakukan rekayasa genetikan mungkin merupakan salah satu jawaban dari permasalahan kekurangan pangan yang sangat mungkin terjadi di masa depan. membuat tanaman transgenik / GMO (genetically modified organisms), ya..benar tanaman mutan, mungkin bisa menjadi penolong kita. tapi bisa jadi para mutan ini akan menjadi mutan – mutan jahat yang dipimpin oleh Magneto menyerang kita bangsa manusia, sehingga banyak manusia mengalami mutasi juga atau bahkan terbunuh oleh timbulnya kanker atau penyakit – penyakit lain akibat serangan para mutan ini; tapi bisa jadi juga akan ada mutan – mutan baik yang di pimpin prof. Xavier yang menamakan kelompoknya x-man, menyelamatkan manusia dari kepunahan akibat kekurangan pangan :), wah mulai ngelantur ni. maksudnya bisa jadi tanaman transgenik ini pada jangka panjang akan membawa dampak buruk bagi manusia, tapi bisa jadi tidak demikian adanya, hanya saja mungkin tenologi saat ini masih sangat muda untuk membuat tanaman transgenik yang benar – benar aman. wallahu a’lam

tapi, secara pribadi saya berpendapat, bangsa indonesia harus punya lahan cadangan khusus yang akan tetap di petahankan yang merupakan lumbung pangan hidup, yang terus di jaga, bisa jadi ini merupakan intan di masa yang akan datang. disamping itu, negara ini harus bahu – membahu untuk meningkatkan teknologi pertaniannya, bukan hanya teknologi informasi saja yang menjadi perhatian, teknologi pertanian juga harus menjadi perhatian utama dari pemerintah, dan terutama para pemuda bangsa ini, karena bagaimanapun juga nasih bangsa ini ada di tangan para pemuda. ayo, kita bahu – membahun untuk berjuang meningkatkan teknologi di indonesia. dan sebagai penutup, kini sudah saatnya kita bikin perusahaan bioteknologi, perusahaan perekayasa tanaman transgenik, terus melakukan risat di situ, mungkin seperti layaknya Monsanto.

4 thoughts on “Masa Depan Pertanian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s