Reversing Number, Which Algorithm is Faster?

ok, ini hasil dari jalan – jalan ke dunia maya, eksplorasi + coding sak nyuk. permasalahan : buat lagoritma untuk membalik urutan digit dalam suatu bilangan, misal 123456789 -> 987654321. saya ingin membandingkan 2 algoritma untuk solusi permasalahan ini, algoritma yang di perbandingkan adalah algoritma reverse number dengan memanfaatkan fungsi bawaan C# dan algoritma buatan sendiri dengan memanfaatkan kaidah matematikan (modulo 10). pertama saya buat algoritma balik angka dengan memanfaatkan fungsi built-in char[].reverse dalam sebuah fungsi ReverseString, kayak gini nih:

algoritma reversString, sorry pake gambar jadi gak bisa langsung copy

nah, yang kedua saya tidak menggunakan fungsi reverse, tapi kita memanfaatkan modulo 10, kayak gini:

image

hoho.., saatnya mengujinya, kita akan menggunakan masing – masing untuk 1 juta kali eksekusi, dan…….inilah hasilnya (dan kode mainnya):

image

image

kesimpulan : algorimta ke-2 (mainin bilangan dengan modulo 10) lebih cepat ~3x di banding dengan memanfaatkan fungsi builtin reverse, sebenarnya ini sangat tidak aneh sih, begitu nggak? jadi untuk reverse number, mendingan buat sendiri seperti itu. o iya, silahkan coba juga perbandingan dengan algoritma buatan anda sendir, selamat coding :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s