Gtalk Tweak

kali ini saya ingin menunjukkan bebberapa teknik yang akan membantu anda (pengguna gtalk) untuk dapat memanfaatkan beberapa fungsi yang tak default ada saat instalasi.

1. bisa jadi anda punya dua buah atau mungkin lebih account di gmail (satu untuk milist, 1 untuk bisnis, satu untuk social net, dll); nah sekali waktu mungkin anda ingin langsung online dalam waktu bersamaan dengan gtalk; tapi secara default gtalk tidak bisa membuka 2 proses secara bersamaan.  tips pertama, agar anda dapat menjalankan dua proses caranya adalah dengan membuat shortcut dari gtalk; selanjutnya lihat properties dari shorcut tersebut ;  pada bagian target (setelah /%gtalkinstalldir%/gtalk.exe ) tambahkan opsi /nomutex . dengan demikian anda dapat menjalankan lebih dari satu buah instan gtalk.

2. untuk tips yang kedua adalah trik untuk membuat gtalk selalu ontop window yang lain. agar window dari gtalk selalu onTop, pertama anda harus merupakan admin atau memiliki hak untuk mengedit registry. kedua buka registry editor (regedit), terus expand HKEY_CURRENT_USER\Software\Google\Google Talk\Options dan tambahkan sebuah DWORD value dengan nama show_pin dan jangan lupa set valuenya dengan nilai 1. o iya, jangan lupa untuk mematikan gtalk sebelum mengedit registrynya, agar DWORD value tersebut dapat ditambahkan pada registry option gtalk tersebut. nyalakan kembali gtalk dan anda akan melihat sebuah pin kecil disebelah button minimize. pin ini akan berfungsi untuk mengaktifkan onTop windows.

 

pin yang muncul setelah show_pin diaktifkan
pin yang muncul setelah show_pin diaktifkan

 

 

nah sementara 2 tip itu dulu, lain kali kalau nemu disambung lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s