Insomnia

Ketika Andrea Hirata memilih Maryamah Karpov sebagai judul buku ke empat dari tetralogi laskar pelangi, saya yakin semua orang yang telah membaca novel pertama hingga ketiga penasaran akan isinya, dan tidak sabar ingin segera membaca. Ketika maryamah karpov terbit, dan kemudian di baca, saya yakin sebagian orang akan kecewa, karena hanya menemukan hanya satu atau dua kali saja Bu Maryamah ini disebut. menurut saya, inilah kehebatan andrea, berbeda dengan kebanyakan film atau sinetron di indonesia yang dari judulnya saja kita sudah tahu isi ceritanya dari awal sampai akhir, dia memilih judul (plus cover) yang membuat orang penasaran dan bertanya – tanya, dan kemudian tentunya kagum :) .

jika kemarin saya menyelesaikan The Kite Runner, malam tadi saya berhasil menyelesaikan The Power of Simplicity -nya Jack Trout & Steve Rivkin,tidak setebal the kite runner, tapi jelas buku ini lebih “serius”, tidak tebal mungkin karena, sesuai dengan judulnya, mau nya to the point saja, make it simple. kawan jangan salah sangka, saya bisa tidur dengan nyenyak mulai pukul 10 meski terbangun pada pukul 1 atau setengah 1 pagi :).

setelah selesai membaca sekitar pukul dua, saya berusaha bersembunyi di balik selimut,berharap dapat segera tidur, disertai niat kuat untuk bangun pukul 3 nanti.  hujan rintik mulai turun, pikiran melayang kemana – mana gak karuan, masih gak bisa tidur juga hehe.., dan ketika tiba – tiba mulai terlelap, ada miscall, ups, dari seorang akhwat rupanya, orang yang sama yang sms di sore hari sebelumnya :), jam 1/2 empat rupanya. kawan, jangan suudzhan pada saya, dia adalah akhwat dalam arti harfiah/lafdziah, bukan ma’nawi sebagai wujud generalisasi atas ayat al-Quran surat al-Hujurat, bahwa setiap muslim bersaudara :), dia adalah saudara perempuanku, lil. sis :). Jadi para akhwat, jangan coba – coba telpon saya kami (kecuali sangat terpaksa), nanti kami bisa – bisa melambung tinggi keudara, dan karena perbedaan tekanan & suhu, akhirnya kami mimisan, bertemu seorang penerjun yang mengingatkan bahwa kami lupa bawa parasut, ketakutan, ingat akan kenyataan, jatuh ke bawah, debumm, saya pingsan :), ah ngomong apa sih hakim ini.

jadi untuk sementara, saya meninggalkan novel twilight,(dan sepertinya saya juga tertarik pada anna kareninanya leo tolstoy) dan lebih memilih membaca bukunya Jack Trout tersebut, intinya buku ini mengajak kita besifat sederhana, mulai dari berpikir dengan nalar sehat, berbahasa/berbicara dengan sederhana,  dan seterusnya hingga ajakan untuk menyederhanakan masalah – masalah yang, sekarang kadung dianggap, kompleks, mulai dari analisis kompetitor sampai annual budgetting, kemudian permasalah leadership, sampai human resource seperti tentang motivasi diri, self-improvement, dan kesuksesan (kebanyakan membantah para motivator), dan kemudian buku ditutup dengan contoh – contoh perusahaan yang berhasil dengan menerapkan simplicity ini.

tapi sebenarnya inti dari tulisan saya bukan pada buku itu, ini adalah tentang mimpi (buruk) yang secara tiba – tiba datang ketika saya tertidur sejenak setelah membaca buku, dan pikiran melayang kemana – mana itu. pada dasarnya sejauh yang saya tahu mimpi buruk itu tidak boleh diceritakan, tapi saya sendiri tidak yakin, benarkah ini mimpi buruk, karena sebagian diri saya merasa mimpi ini penuh hikmah, jadi saya tulis saja.

Mimpi ini adalah tentang hafalan saya, tiba – tiba saja (dalam mimpi itu), saya di tanya tentag hafalan saya, harus mempertaruhkan hafalan saya, yang kurang lebih akan menentukan sebagian besar masa depan saya, dan lebih menyedihkannya adalah, astaghfirullah, hasilnya tidak bagus kawan, sedih, bingung, terpukul, terpojok, gamang, tidak  karu – karuanlah perasaan saya. saya langsung terbangun, pas ada miscall itu, keringat dingin.

Bagi saya, ini adalah sebuah nasihat, ada hikmah yang besar di dalamnya, siapa tahu mimpi itu jadi nyata, naudzubillah, saya tidak mau mempunyai nilai buruk, sudah terlalu banyak koleksi keburukan saya. kesimpulannya, harus berusaha memperbaiki diri lagi, memperbaiki diri lagi, dan memperbaiki diri lagi. 

hey, mengapa judulnya insomnia? :) , tanya andrea

Dostet Darum, semoga sehat selalu ya ^^

 

wallahulmusta’an

2 thoughts on “Insomnia

  1. Saya telah membaca karya kamu. semua bagus. Tampaknya kita memiliki aliran dan semangat tulis yang mirip. Oleh karena itu saya ingin agar kita saling berkunjung blog.

    Kami akan menyajikan mater-materi kami untuk menyambut anda. kami mengundang anda. Di blog saya selain ada refelksi, juga terdapat banyak hal di sana. Mari kita saling memperkaya pengetahuan dan pengalaman.

    Selamat datang. Kami menunggu anda.

Tinggalkan Balasan

