Reversifx : Javafx mobile Reversi

update (29-04-09): altough the source code not yet provided, i was publish this post at jfxstudio.

Sambil belajar javafx, Barusan buat lagi game sederhana dengan javafx, Reversi atau Othello. Berbeda dengan game sebelumnya , yang ekslusif untuk desktop atau web, kali ini gamenya interoperable antara desktop, web dan mobile. mengingat javafx di disain untuk membuat aplikasi yang bisa berjalan di berbagai platform, maka membuat aplikasi yang sekaligus bisa berjalan pada mobile device dan desktop jadi lebih sederhana. 

Setiap aplikasi yang anda buat untuk mobile device dengan javafx, hampir pasti bisa berjalan di desktop & web (applet). karena API untuk mobile adalah sub-part dari API untuk desktop.

ini dia screenshotnya:

Reversifx          Reversifx-desktop 

gambar di sebelah kiri adalah contoh screenshot pada mobile device (emulator), sedangkankan di kanan adalah desktop.

Game ini dibuat dengan AI (Artificial Intelligence) yang sangat sederhana (brute force algorithm), dan tanpa level. Secara default, AI akan menggunakan biji (piece) hitam (melangkah pertama) dan anda biji putih. Jika anda ingin menggunakan biji hitam, gunakan menu options. Meski anda tidak dapat meng-undone (membatalkan) langkah yang telah anda ambil, anda dapat merestart game dari awal. :)

Jika target aplikasi yang kita buat adalah mobile device, file yang dihasilkan adalah file .jad sama saat kita membuat aplikasi denga Java ME.  Jika anda ingin mencoba, maka klik salah satu gambar di atas.

o iya, jangan lupa beritahu saya jika menemukan bugs, tapi sebelumnya saya harus memberi tahu anda, bahwa masih ada satu bug yang saat ini masih belum sempat saya periksa, yaitu kemunculan notification saat menang/kalah yang tidak selalu muncul; insya Allah nanti di cek lagi;   (insya Allah sudah di-resolved)

Jika anda ingin mendapatkan source code-nya, tunggu sampai saya menyelesaikan artikelnya (yang saat ini masih belum mulai di tulis :P ), buat di tulis di jfxstudio.

Terimakasih banyak,

11 thoughts on “Reversifx : Javafx mobile Reversi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s