Bahasa yang ingin dikuasai

Pada awalnya, waktu masih muda dulu (sekarang sudah tua), saya ingin menguasai banyak bahasa (selain bahasa Ibu)
1. Inggris
2. Prancis
3. Arab
4. Nihongo

tapi, seiring waktu, yang benar – benar ingin saya kuasai adalah bahasa Inggris saja, sedangkan bahasa Arab adalah harus (karena ini juga bahsa “Ibu” saya, lihat QS. Al-Ahzab:6).

Hal ini juga berlaku untuk bahasa pemrograman, saat ini, hanya ada beberapa bahasa pemrograman yang ingin benar – benar saya kuasai. Tetapi, karakter bahasa pemrograman agak berbeda dengan bahsa manusia. Bahasa pemrograman itu “vocab”-nya sedikit (semua bahasa pemrograman), yang membuat terlihat banyak adalah adanya API yang terkadang spesifik dan saling berbeda antara bahasa pemrograman (meskipun fungsinya bisa jadi sama). Jadi, meskipun hanya master di sedikit bahasa pemrograman, selama kita master di algoritma, maka belajar bahasa pemrograman, bisa saja dalam 24 jam.

Akhirnya, kunci dari belajar adalah amal, oleh karena itu, jika anda memantau blog ini (sepertinya saya batal untuk pindah blog, mengingat sudah terlalu banyak identitas saya tersebar bersama blog ini – halagh! :P ) mungkin anda akan segera melihat ke arah mana saya belajar (“beramal”).

Tinggalkan Balasan

