Kalian kalah bukan karena sedikitnya jumlah kalian


….Sesungguhnya kalian tidak akan dikalahkan karena jumlah kalian yang sedikit, tetapi kalian akan dikalahkan disebabkan dosa – dosa kalian. maka jagalah diri kalian dari dosa – dosa, dan hendaklah setiap panglima pasukan shalat bersama tentaranya.

potongan surat khalifah Abu Bakar r.a, kepada para panglima Islam di perang Yarmuk, perang besar antara pasukan muslim denga pasukan Romawi. Saat itu jumlah pasukan kaum muslimin hanya 21.000 tentara (dalam beberapa kompi yang dipimpin oleh beberapa panglima) ditambah pasukan dari Ikrimah bin Abu Jahal sebanyak 6000 orang yang berangkat dari Syam (Syiria). Sedangkan pasukan Romawi kala itu tidak kurang dari 200.000 pasukan.
Alhamdulillah, atas izin dan pertolongan Allah SWT, serta kesabaran dan keuletan, dan banyaknya dzikir, tilawah dan taubat para pejuang Islam, mereka berhasil menang.

*tulisan itu juga menghiasi sebuah whiteboard di kamarku (disamping tulisan yang lain), untuk mengingatkanku agar senantiasa menjauhi dosa-dosa, agar tercapai segenap cita
* gambar ilustrasi adalah monumen perang yarmuk di yordania (wikipedia)
* idealnya seorang pemimpin (pasukan, perusahaan, etc) juga memimpin shalat berjamaah.
* perang Yarmuk merupakan salah satu peperangan yang sangat menentukan sejarah umat manusia, seperti tulisan sejarawan George F. Nafziger, “Although Yarmouk is little known today, it is one of the most decisive battle in human history…… Had Heraclius’ forces prevailed, modern world could be so changed as to be unrecognizable”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s