Nahwu – Bab Kalam

بسم الله الر حمن الرحيم
اَلْكَلاَمُ: هُوَ اللَّفْظُ الْمُرَكَّبُ الْمُفِيْدُ بِالْوَضْعِ

Kalam dalam ilmu nahwu adalah lafadz yang memiliki susunan (murakkab) dan memberikan manfaat/arti/faedah (mufiid) dan bil wad’i:


artinya di ucapkan/disampaikan dengan sengaja dan memiliki makna, serta menggunakan bahasa arab. oleh karena itu, ucapan seorang yang sedang tidur (igau) tidak disebut dengan kalam, begitu juga jika di ucapkan dengan bahasa non arab (‘ajam), maka juga tidak disebut kalam.

Yang dimaksud dengan lafadz adalah semua ucapan yang keluar dari susunan huruf – huruf hijaiyyah, contoh زيد yang merupakan ucapan yang tersusun dari huruf za/zay, ya’ dan dal.
Sedangkan suara, seperti suara piano, maka bukan termasuk lafadz, karena tidak bisa disusun dengan huruf hijaiyyah.
Tidak termasuk lafadz, meskipun dia mufiid (bermakna, berfaedah) akan tetapi tidak mengandung lafadz sama sekali seperti bahasa isyarat, tulisan, gambar, dan patung.

Murakkab, artinya setidaknya tersusun dari dua kata; contoh قاَمَ زَيْدٌ (telah berdiri, zaid) yang tersusun dari fiil (predikat/verb) yang diikitu fa’il/subyek/pelaku (fi’il-fa’il) dan زَيْدٌ قاَ ئِمٌ (zaid adalah orang yang telah berdiri) dengan susunan mubtada’/pelaku/subyek dan diikuti khobar/keterangan. Setiap fa’il pasti dibaca rofa’ begitu juga khobar. Oleh karena itu, tidak disebut murokkab jika hanya tediri dari satu kata seperti kata: زَيْدٌ

mufiid, artinya memberikan faedah, manfaat dan bermakna baik bagi penyucap maupun pendengarnya. Misalnya kalimat زَيْدٌ قاَ ئِمٌ dan قاَمَ زَيْدٌ yang bermakna mengabarkan bahwa Zaid telah berdiri. Oleh karena itu, tidak juga dikatakan mufiid, yaitu kata yang tidak sempurna, yang tidak memberikan informasi secara lengkap, misalnya غلام زيدٍ, anak laki – laki Zaid, contoh lain yang juga tidak memenuhi kategori mufiid adalah اِن قام زيد (jika Zaid berdiri …), tanpa ada kata lain yang menyambungnya, maka kalimat tersebut tidak disebut mufiid karena tidak lengkap informasi yang terkandung dalam kata tersebut (sehingga tidak berfaedah).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s