Android Arabic text Reshaper

Android sampai dengan versi 2.2 masih belum mensupport arabic, tapi Alhamdulillah Android sendiri support “free font type”. Dengan demikian kita tidak perlu terlalu report memikirkan bagaimana me-render font dengan bitmap, atau jpeg atau graphics engine yang lain untuk menampilkan font yang secara default tidak di dukung oleh Android.

Dan untungnya lagi, Android juga support BiDi (bidirectional text), jadinya untuk kasus menampilkan tulisan arab yang cara penulisannya dari kanan ke kiri, tidak lagi terlalu bermasalah; hanya kita perlu reshaping setiap karakternya, agar karakter tidak terender secara terbalik.

dan Alhamdulillah nya lagi adalah sudah ada yang membuat arabic reshaper, sehingga untuk menampilkan text arab di device berbasis Android harusnya gak jadi masalah. namun, kabar buruknya adalah arabic reshaper tersebut tidak mendukung syakal/harakat/diacritics sehingga jika jika anda mencoba menampilkan text dalam aksara arab yang mengandung syakal, bakal berantakan tampilannya, seperti ini:

itu adalah screenshot aplikasi yang dulu pernah saya buat, untuk belajar Android, yang hendak saya ubah tampilan teks-nya yang semula menggunakan gambar, menjadi native text UTF-8 (karena pertimbangan memori yang bisa dihemat dengan tidak menggunakan gambar).

Alhamdulillah, arabic reshaper tersebut adalah open source, sehingga saya bisa mengubah kodenya agar mendukung penggunakan syakal. dan setelah saya membaca kodenya sekilas tadi, sepertinya tidaklah terlampau rumit untuk menambahkan kemampuan ini (InsyaaAllah).
saat ini, memang belum sempat untuk mengerjakan ini, tapi InsyaaAllah masih bisa menyisipkan waktu untuk hacking ini. karena jika kita bisa menampilkan tulisan arab dengan custom font (yang secara default didukung oleh Android), ada banyak kemungkinan manfaat yang bisa di dapat.

32 thoughts on “Android Arabic text Reshaper

  1. Tulisan di atas mengulas cara menampilkan tulisan yang menggunakan huruf Arab di android. Adakah program menulis Arab untuk android? Mohon pencerahannya (ke alamat email saya). Terima kasih.

  2. Assalamu ‘alaikum mas…,
    saya coba membuat Arabic Reshaper dengan Mengunakan Font DejaVuSerif.ttf dan saya mengambil Tanzil dari Quran Utsmani, tetapi hasil font Arabic nya malah ngak sambung…atau pisah-pisah…mungkin mas bisa bantu atau masalahnya dimana ya… kalo ada minta sedikit source code+font.
    Terima Kasih sebelumnya……….

  3. Assalamu’alaykum,

    Saya pengguna tablet android, seperti kasus diatas AL-qur’an pocket yang saya install, huruf arabnya berantakan. Sudah cukup lama saya mencari aplikasi yang bisa menampilkan tulisan arab yang benar. Tidak hanya menampilkan tapi juga bisa untuk menulis. Melihat upaya mas Hakim utk membuat applikasi tersebut, saya merasa ada peluang untuk bisa menggunakan applikasi itu. Saya hanya bisa bantu do’a dan menyemangati. Dan tolong informasikan jika sudah berhasil. Terimakasih
    wassalamu’alaikum

  4. kalo cuma sekedar unt baca AL QUR’AN di hp smartphone, kan sudah ada aplikasi di market android, tinggal unduh, lalu baca dan tk berantakan.
    jadi saya masih belum ngeh dg istilah “tulisannya jadi berantakan”
    tapi….kalo unt bisa nulis arab, ya itu yang saya tunggu infonya

  5. Assalamualaikum
    Mas Hakim. Salam kenal. Saya (bang) Asri. Semoga Allah memudahkan Mas Hakim untuk menyelesaikan “arabic reshaper”. Dan semoga Allah menjadikannya sebagai amal jariah, pahala tanpa henti. Kami baru mulai belajar program Android; dengan tujuan: membuat aplikasi baca kitab bahasa Arab.

  6. wah tepat banget ini,,, kebetulan saya juga lagi sedang membuat aplikasi Android yaitu badist arbain juga,,, eh ndak taunya malah sudah ada,,, mohon arahannya om,,,

    itu tulisan arab yang di aplikasi androin arbain ( di emulator), gimana cara membuatnya om,,, soalnya slama ini saya dapet caranya cuma pakai gambar doank,, alias JPEG…trus nanti di tampilkan,,,, nah kalau yang aplikasi om Hakim itu gimana caranya…? mohon pembelajarannya om,, terimakasih,,, salam kenal dari saya abas susilo mahasiswa di UII jogja…. ^_^

  7. Infonya sangat bermanfaat. Hanya saja sy sudah inst Quran Android & di situpun sdh ada arab reshaper tp begitu sy buka translation tulisan qurannya jd kebalik. pdhl sdh di conteng/hlg conteng pd pilihan reshaper. utk muslimpro jg demikian. mohon solusinya. tq. wassalam

Tinggalkan Balasan

