Mati

sesuati yang amat kita kenali, setiap saat kita bisa melihat informasinya, bahkan sampai pada tahap seakan kematian itu hanya sampai pada orang lain, tidak pada diri kita. padahal mati adalah keniscayaan yang pasti bagi setiap kehidupan selain-Nya, sedangkan kefanaan dunia juga adalah fakta yang tak terbantahkan; namun seringkali kita lupa akan keduanya ini. seperti perkataan Imam Ali bin Abi Thalib Kwj,

Aku tidak melihat sesuatu yang haq lagi pasti terjadi tetapi di anggap batil tidak bakal terjadi, seperti halnya maut. Dan tidak juga melihat sesuatu yang batil dan pasti lenyap tetapi dianggap haq dan langgeng seperti halnya dunia.

Allah SWT sendiri telah memfirmankan kepada kita semua, “Dimana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada dalam benteng yang kokoh” [an-Nisa:78]. kematian, pemutus segala kenikmatan dunia, kematian dimana apa yang ada setelahnya adalah masa memanen apa yang telah kita semai di dunia. Jika kita menanam kebaikan maka buah darinya akan jauh lebih baik, namun jika yang kita tanam adalah keburukan, maka kita akan mendapatkan balasan yang setimpal. naudzubillah min dzalik.

Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”. [al-Jumu’ah:8]

saya sungguh ingin menasihati diri saya sendiri, yang sering bahkan begitu sering terlupa. astaghfirullahaladziim.

Suatu ketika, ketika melihat keranda jenazah sedang diusung, seseorang bertanya, “Siapakah yang diusung ini?” seorang bijak menjawab, “Dia adalah kita, dia adalah saya dan Anda!”. suatu ketika, kita pasti, pasti, pasti mengalaminya. sudahkah kita, saya mempersiapkannya ?

wallahulmusta’an

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s