Muru’ah

Ketika aku kesusahan kawanku tak mengerti
Aku berusaha merasa kaya, hingga kawanku menganggap aku kaya
Rasa maluku menjaga air mukaku, kelembutanku membuat kawanku mencariku
Jika saja aku sia-siakan air mukaku, niscaya jalan kepada kepopuleran akan mudah
Dua sifat yang tidak rela aku melewatinya
Sombongnya sifat kaya dan hinanya kemelaratan
Ketika kau kaya janganlah kau sombong lagi ceroboh
Jika kau melarat maka sombongilah waktu

kenang imam at-Thabari (Abu Ja’far Muhammad ibn Jarir ibn Yazid ibn Katsir ibn Ghalib at-Thabari) rahimahullahu ta’alaa waridwanuhu ‘alaihi, saat menghadapi cobaan semasa mencari ilmu. Beliau adalah seorang pakar tafsir al-Qur’an, ahli dalam bidang hadits dan fiqh (ada yang berpendapat beliau adalah seorang mujtahid mutlak, meskipun masyhur bermadzhab syafi’i), dan juga pakar sejarah; Semoga Allah SWT mengasihinya dan meridhoi jiwanya.


wikipedia tentang beliau:
1. http://ar.wikipedia.org/wiki/الطبري
2. http://en.wikipedia.org/wiki/Muhammad_ibn_Jarir_al-Tabari

Tinggalkan Balasan

