Developer adalah CS bagi App yang dikembangkannya

Sebagai developer (pengembang) aplikasi mobile, tentu kita sudah banyak menginvestasikan waktu, pikiran, dan perasaan (tsah :D) dalam aplikasi yang kita kembangkan. nah, gimana rasanya setelah aplikasi kita publikasikan di toko aplikasi seperti Google Play, BlackBerry World ataupun Apple AppStore secara gratisan pula, terus mendapatkan komen seperti ini:

ga bisa posting gan

atau seperti ini:

aplikasi apaan ini, masa ga ada button refresh-nya

atau gini:

aplikasi bosok

pasti kurang menyenangkan bukan :) tapi untungnya biasanya kalau aplikasi kita memang cukup bagus, lebih banyak lagi yang memberikan komentar secara baik-baik.

nah, gimana jadinya kalau ternyata ada komentar (dan rating) yang kurang bagus seperti itu ? tentu saja, kita harus berusaha membantu para user kita yang sudah download aplikasi kita; misalnya untuk masalah ini:

aplikasi apaan ini, masa ga ada button refresh-nya

meskipun menurut kita, sangat jelas (obvious) gimana cara nge-refresh aplikasi kita, kita sebaiknya tetap berusaha menjelaskannya dengan baik:

halo, untuk merefresh halaman yang anda akses, tarik halaman hingga muncul tulisan “release to refresh” setelah itu lepaskan, maka halaman akan direfresh/diperbarui.

ataupun terhadap pertanyaan-pertanyaan yang lain yang menurut kita sangat jelas (obvious) dan umumnya (menurut kita lagi) tidak perlu ditanyakan (ekstrem: pertanyaan bodoh).

hal tersebut penting, karena siapa lagi yang lebih tahu tentang aplikasi kita dibandingkan kita yang membuat aplikasinya. Juga dengan membaca dan mencoba memahami keluhan pengguna aplikasi kita, seringkali kita akan menemukan insight baru yang bisa membuat kita mendisain dan mengembangkan aplikasi kita dengan lebih baik lagi. nah, oleh karena itu kita tidak perlu ragu untuk menjadi “customer suppoer/CS” dari aplikasi yang kita buat, yang kita telah invest waktu dan persaan dalam pengembangannya.

happy cs-ing :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s