Perjalanan

Saat ini (Jumat, 17 Jan 2014) saya melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Tulungagung dengan Kereta api Gajayana. Saya berfikir, berapa banyak orang yang pernah berada dalam kereta api ini, mungkin jutaan orang pernah naik dan turun dari dalam kereta api ini.

Dunia ini saya pikir serupa dengan kereta api ini, entah berapa miliar orang telah pernah hidup di dunia ini. Tapi satu hal yang pasti, sama seperti semua penumpang kereta api akhirnya harus turun dari kereta, semuanya orang di dunia ini pada akhirnya akan meninggalkan dunia ini; baik suka maupun tidak suka.

أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكْكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ

Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh (an-Nisa 78)

Semua orang, saya atau anda, semuanya pasti mati; pertanyaannya warisan apa yang hendak kita tinggal setelah kematian kita; dan sebagai muslim bekalan apa yang telah kita persiapkan untuk perjalanan selanjutnya menuju kampung akhirat; karena perjalanan setelah kematian itu jauh lebih panjang dari pada perjalanan kita di dunia ini.

Ad-dunyaa mazro’atul akhirah (الدنيا مزرعة الآخرة), begitu kita di ajarkan; dunia ini adalah ladang, kebun untuk akhirat kita; kita tanami kebun kita dengan yang baik-baik dan kita rawat dengan baik, maka di akhirat kelak kita akan menuai hasil yang baik pula; tapi, kalau kita tidak tanami dan rawat kebun kita dengan baik, maka akan merugi dan nelangsalah kita kelak.

Waktu kita terbatas, bekal yang dibutuhkan banyak, maka jika kita mengharapkan hasil yang baik di akhirat kelak, maka kita tanami kebun kita dengan tanaman-tanaman yang baik, kita isi waktu-waktu kita dengan amal baik yang terbaik; semoga dengan begitu kita kelak bisa meraih kebahagiaan di ujung perjalanan kita di surga sana.

وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَاضِرَةٌ
إِلَىٰ رَبِّهَا نَاظِرَةٌ

Wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri.Kepada Tuhannyalah mereka melihat.
(al-Qur’an al-Qiyamah[75]:22-23)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s