Preserving Keystrokes

Saya suka dengan ide Scott Hanselman di blognya. Saya kira alasan yang sama saya gunakan, karena saya memiliki waktu yang terbatas, maka saya berusaha me-preserve pengetahuan yang saya miliki, salah satunya dengan menuliskannya di blog. Salah satu alasannya adalah agar saya tidak berulang-ulang menuliskan hal sama jika seseorang bertanya tentang sesuatu yang saya ketahui. Jadi, ketika seseorang bertanya pertanyaan yang sama, saya bisa mereferkannya ke blog yang sudah saya tulis.

Saya beruntung karena dalam agama Islam dikenal apa yang disebut amal jariyah, yaitu amal yang terus berbuah pahalanya meskipun kita telah meninggal selama amal tersebut bermanfaat bagi orang lain. Nabi Muhammad SAW tentunya adalah manusia yang paling banyak amalnya, karena semua ajaran Islam disampaikan dan dicontohkan oleh beliau. Dan apa yang membuat orang-orang terdahulu (misal. Ulama/Ilmuwan) tetap dikenang adalah melalui karya-karyanya berupa buku-buku (kitab) yang telah beliau semuanya tulis; jadi ketika seseorang pada masa ini bertanya tentang masalah Fiqih misalnya, dia bisa bertanya kepada Imam Syafi’i rahimahullah, maka Imam madzhab Syafi’i tersebut tidak perlu lagi menuliskan jawabannya kepada penanya tersebut, karena beliau sudah meninggal lebih daru seribu tahun yang lalu, tapi beliau bisa secara tidak langsung me-refer si penanya pada “keystroke/penstroke” yang sudah beliau preserve melalu karya beliau, al-Umm misalnya.

Saya memilih untuk meng-hosting blog ini juga di wordpress.com bukan dengan hosting sendiri juga salah satu alasannya adalah semoga dengan demikian, selama wordpress.com masih ada, tulisa-tulisan saya juga masih bisa dibaca meskipun saya sendiri bisa jadi sudah meninggal. Dan semoga, dengan demikian saya masih dapat memperoleh aliran pahala dari amal jariyah ini.

aamiin

Tinggalkan Balasan

