Pemiloe! Aplikasi Pemilu 2014 (Top 10 Finalis Hackathon Code for Vote)

Akhir pekan yang lalu, tanggal 8-9 Maret 2014, saya memaksakan diri untuk mengikuti hackathon di Telkom BDV. Acara hackathon dengan tema pemilu 2014 (Code for Vote) ini diadakan oleh Perludem dan RumahPemilu.org; Tak disangka, ternyata pesertanya sangat banyak hingga 200 orang; awalnya saya agak pesimis karena mungkin saya salah satu dari sedikit peserta yang sendirian tidak dengan team. Saya bahkan sempat berfikir untuk pulang saja menemani Istri yang lagi sakit dan main sama Ahmad, anak kami :)

Tapi, karena sudah membulatkan tekat dan sudah izin istri jauh-jauh hari untuk berusaha dan berharap bisa menang di aplikasi ini (sehingga bisa bayar cicilan rumah dan beli obat untuk istri); saya memilih untuk melanjutkan dan menyelesaikan aplikasi ini dalam waktu kurang dari 24 jam; ya, saya merasa berusaha cukup keras di sini hingga hampir tidak tidur sama sekali untuk menyelesaikan aplikasinya mulai nol.

Meskipun masuk dalam 10 finalis, pada akhirnya aplikasi yang saya buat tidak termasuk top 5 apps yang mendapatkan hadiah; Sedih memang, tapi keputusan juri sudah final. Meski demikian, Saya tetap berencana mempublikasikan aplikasi yang sudah saya buat di Google Play Store, BlackBerry World, dan Nokia Ovi Store.

Pemiloe! Aplikasi Pemilu 2014

Aplikasi yang saya buat saya beri nama Pemiloe!, aplikasi ini bermanfaat memberikan informasi kepada pengguna mengenai partai politik peserta pemilu dengan detail, disamping itu dengan teknik geofencing aplikasi ini juga akan menampilkan daftar caleg dari satu partai di tempat penguna aplikasi berada. Misalnya, saat saya menjalankan aplikasi ini di Jakarta, kemudian saya mengakses partai Nasdem atau PKS misalnya, maka saya bisa melihat daftar caleg partai Nasdem atau PKS untuk DPR di daerah Jakarta tersebut; Selanjutnya pengguna bisa melihat detail dari profile caleg tersebut seperti tanggal lahir, pasangan, tempat tinggal, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan dan lain-lain.

berikut beberapa screenshot dari aplikasi yang saya buat:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Yang ingin mendownload aplikasinya, Insyaa Allah besok pagi sudah bisa di Unduh di Google Play Store Alhamdulillah aplikasi Pemiloe! sudah bisa didownload di link bawah ini :)


Get it on Google Play

One thought on “Pemiloe! Aplikasi Pemilu 2014 (Top 10 Finalis Hackathon Code for Vote)

Tinggalkan Balasan

