Reset Wifi Network di MacOS X via Terminal

Sudah satu bulan saya ngantor di Bandung. Lingkungan kantor di Bandung sebenarnya lebih saya sukai dibanding di Jakarta. kekurangan yang ada di kantor yang baru ini disamping kecepatan internetnya relative rendah adalah wifi nya sering hilang koneksinya (wifi terdeteksi, tapi tidak bisa mengakses jaringan internet), jadinya perlu direset.

Mereset wifi laptop dengan cara manual, mematikan wifi laptop kemudian menyalakannya dengan mouse, kurang nyaman bagi saya; apalagi saya sudah tidak menggunakan mouse tambahan di MacBook yang saya pakai disamping memang sudah sangat membiasakan sebisa mungkin aktifitas tidak lagi menggunakan pointer tapi cukup dengan keyboard karena lebih produktif. Jadinya, saya buat simple shell script untuk mematikan dan menyalakan wifi/airport network seperti ini:

$vim resetwifi.sh

kemudian tulis dua baris code ini untuk mematikan dan kemudian menyalakan kembali airport

networksetup -setairportpower en1 off
networksetup -setairportpower en1 on

setelah disimpan, jangan lupa untuk membuat filenya jadi executable:

$sudo chmod +x resetwifi.sh

nah, setiap kali mau reset wifi, langsung deh panggil via Terminal:

$./resetwifi.sh

bisa online lagi deh. :)

Tinggalkan Balasan

