Android Drawable Management dengan ImageSweep

Screen Shot 2014-06-19 at 4.38.30 PM

Dengan terus berkembangnya aplikasi Android yang kita buat, bertambah pula jumlah resource citra (image) yang kita gunakan. Karena jumlah citra yang terus berubah/bertambah ini, kadang kita lupa untuk membersihakn citra yang sudah tidak digunakan dalam aplikasi kita. Jika demikian, tentunya ukuran aplikasi kita menjadi semakin besar karena banyak citra yang tidak digunakan tersebut.

Untungnya, ada script menarik yang namanya ImageSweep, awalnya ImageSweep ini dikembangkan oleh developer lain di Instructure, tapi kemudian saya tertarik untuk sedikit menambahkan kemampuan di dalamnya. ImageSweep ini bekerja dengan melakukan pemeriksaan apakah citra yang ada di folder res/ di aplikasi android kita pernah digunakan di tempat lain (source code atau xml layout), jika tidak ada maka citra tersebut akan dihapus. Penambahan yang saya lakukan adalah pilihan untuk memindahkan citra yang tidak digunakan tersebut ke dalam folder lain.

Misalnya kita ingin menghapus semua citra yang tidak digunakan, perinahnya adalah sebagai berikut (dengan 2 parameter, parameter pertama adalah script-nya, parameter kedua adalah folder project android kita):

 

$ python /users/hakim/github/android-ImageSweep/ImageSweep.py . 

tapi, jika kita hendak memindahkan saja, misal karena siapa tahu bakal digunakan lagi nantinya, command-nya adalah sepert ini (dengan 3 parameter, parameter ketiga adalah folder tempat backup citra yang dipindahkan):

$ python /users/hakim/github/android-ImageSweep/ImageSweep.py . /users/hakim/Desktop/backup_res_image

nah, hasilnya bisa dilihat pada gambar di awal blog ini, lumayan bermanfaat kan.

happy cleaning :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s