Pengembangan Aplikasi Rumah Fiqih (1): Server Side

Saya memanfaatkan sebagian waktu di bulan Ramadhan ini untuk memperbarui aplikasi Rumah Fiqih. Pembaruan ini meliputi perubahan disain yang semula menggunakan navigation drawer dirubah menjadi tab, penambahan fitur push notification serta penambahan tampilan banner iklan.

Perubahan dari navigation drawer ke model tab sejatinya di pengaruhi oleh disain facebook yang terbaru yang membuang sidemenu dan juga Google+ Apps yang tidak lagi menggunakan navigation drawer. Pertimbangan perubahan navigasi dari navigation drawer ke tabs ini juga karena saya melihat aplikasi Rumah Fiqih ini hanya memiliki sedikit menu (tiga buah yaitu: Fikrah, Konsultasi Fiqih dan Video), sehingga akan lebih cocok ditempatkan di tempat yang jelas (obvious) yang memudahkan bagi user untuk melakukan navigasi dari satu menu ke menu yang lain. Pertimbangan yang sama juga saya gunakan untuk menggunakan ViewPager untuk navigate antar menu dengan metode swipe.

Push notification saya tambahkan juga karena memang artikel rumah fiqih pada dasarnya tidak selalu muncul tiap hari, jadi saya berharap jika di hari tertentu artikel muncul pengguna aplikasi ini dapat langsung membacanya. Untuk server side saya menggunakan PHP yang sekaligus sebagai server API untuk aplikasi ini.

Arsitektur Server Side Rumah Fiqih App
Arsitektur Server Side Rumah Fiqih App

Saya menggunakan webserver apache karena kebanyakan hosting di Indonesia (yang murah meriha) menggunakan server ini. dan MySQL saya pilih sebagai database-nya karena saya sudah cukup terbiasa dengan MySQL. Untuk server side programming language, saya menggunakan PHP. Meskipun bukan bahasa pemrograman sehari-hari yang saya gunakan, PHP ini relatif mudah, Disamping memang hosting yang saya gunakan hanya support PHP :).
Dengan PHP ini saya membuat RestFull API dengan menggunakan Slimframework dan custom crawler.

Penambahan terakhir adalah banner dengan menggunakan AdMob terbaru yang menggunakan Google Play Service.

Aplikasi ini memang sederhana, tapi semoga bermanfaat bagi kita semuanya. aamiin :)
Yuk, download aplikasinya langsung melalui link berikut:

Get it on Google Play

Tinggalkan Balasan

