Hosting website dengan RedHat OpenShift

Weekend lalu, saya memiliki Ide untuk membuat service untuk aplikasi yang saya buat di sini Al-Mishbah. Karena saya lagi belajar menggunakan Lumen, micro-framework yang dibuat oleh Taylor Otwell, empunya Laravel, saya langsung mengembangkannya dengan lumen; setelah selesai protipe website tersebut, saya memutuskan untuk mendeploy web tersebut ke RedHat OpenShift yang menyediakan paket free.

Tapi kemudian saya menyadari, ternyata di OpenShift masih hanya mensupport PHP versi 5.4 (kurang tahu minor versionnya) sedangkan Lumen mensyaratkan PHP 5.5.9; Jadi saya berubah pikiran untuk mengubah framework sekalian dengan menggunakan Laravel mengingat ada tutorial untuk langsung mendeploy-nya di laman berikut https://hub.openshift.com/quickstarts/115-laravel-5-0 . Tapi, karena saya tidak terbiasa dengan Laravel, saya agak kesulitan.

Dan setelah melihat framework laravel-nya sendiri, saya lihat ini framework lumayan gendut, jadi rasanya sayang kalau untuk service yang sederhana menggunakan framework sebesar ini. Kemudian saya teringat dengan SlimFramework yang juga saya gunakan di service saya yang lain. Dan akhirnya, Service tersebut selesai saya deploy di sini: rowahu.info/hadits/bukhari/1 . Pattern url yang digunakan adalah http://rowahu.info/hadits/<nama kitab hadits>/<nomor hadits>.

Menginstall rhc (redhat client) di Mac Os X

  1. Pastikan ruby (gems) sudah terinstall, di OSX biasanya sudah terinstall, update jika diperlukan.
  2. Ketika perintah berikut untuk menginstall rch dengan gem
    $sudo gem install rhc
  3. Jika ada masalah dengan dependency, pastikan untuk mengupdate gem-nya
    $sudo gem update

Setup rhc

setelah rch selesai di install, kita tinggal setup OS kita dengan otentikasi yang dibutuhkan, sehingga nantinya tidak perlu repot saat autentikasi dll.

  1. Mulai dengan mengeksekusi perintah berikut
    $rhc setup
  2. Selanjutnya masukkan username dan password yang digunakan signup di openshift
  3. Nantinya akan ada pilihan untuk menyimpan public key dan mengupload-nya ke server supaya tidak repot lagi memasukkan username dan password saat menggunakan rhc selanjutnya

Membuat aplikasi

Membuat aplikasi di openshift dapat dilakukan di web ataupun melalui console dengan menggunakan rhc yang sudah terinstall tersebut. Untuk membuat aplikasi dengan rhc bisa dengan langkah berikut:

$ rhc create-app rowahu php-5.4 mysql-5.5

untuk mensetup aplikasi dengan nama rowahu dengan spesifikasi (cartridges) php-5.4 dan mysql-5.5
sesaat kemudian nanti akan di dapatkan informasi tentang environment yang sudah terbuat: mysql usrname dan password, mysql connection url URL dari aplikasi dan juga untuk SSH serta alamat URL Git dari server source code yang bisa kita gunakan seperti berikut:

  URL:        http://rowahu-hakimlabs.rhcloud.com/
  SSH to:     xyzabcdefghij@rowahu-hakimlabs.rhcloud.com
  Git remote: ssh://xyzabcdefghij@rowahu-hakimlabs.rhcloud.com/~/git/rowahu.git/

selanjutnya, kita bisa meng-clone source code tersebut dan memodifikasinya sesuai kebutuhan aplikasi yang kita kembangkan.

Screen Shot 2015-06-29 at 3.10.23 PM

Mengubah nama domain

Secara default, kita akan mendapatkan subdomain dari rhcloud.com, tapi kita bisa mengubah nama domain dengan nama domain yang kita beli sendiri (misalnya rowahu.info):

  1. Beli domain dari reseller domain apapun.
  2. Selanjutnya, buat alias di dashboard aplikasi di openshiftScreen Shot 2015-06-29 at 3.12.53 PM
  3. Kemdudian, setting dns host record di tempat anda membeli domain tersebut ke alaman url aplikasi yang dibuatkan oleh rhcloud seperti berikut
  4.  Screen Shot 2015-06-29 at 3.17.17 PM

Sekarang aplikasi web kita sudah bisa diakses dengan custom domain sesuai dengan keinginan kita.

happy coding :)

3 pemikiran pada “Hosting website dengan RedHat OpenShift

Tinggalkan komentar