Cara supaya Android Adb ngedeteksi Smartfren Andro di Mac Os

kayaknya ini sering jadi masalah bagi sebagian developer yang pakai smartfren andro (Hisense E910) di Mac OS X, device kita ga di deteksi sama adb (android device bridge) kita, jadinya kita ga bisa pakai device tersebut langsung buat debugging aplikasi kita.

Alhamdulillah, akhirnya saya berhasil juga nge setting adb agar bisa ngedetect device yang satu ini.

begini ceritanya:

1. pertama kita periksa lewat terminal, vendor id device smartfren kita dengan  $ system_profiler SPUSBDataType

Hisense HSUSB Device:

Product ID: 0x9114
Vendor ID: 0x109b
Version: 2.29
Serial Number: E910
Speed: Up to 480 Mb/sec
Manufacturer: Hisense
Location ID: 0x26400000 / 3
Current Available (mA): 500

dari sini kita tahu, bahwa kode vendor id smartfren/Hisense adalah 0x109b , ini sesuai dengan yang ada di website android developer.

2. langkah selanjutnya adalah dengan meng-edit adb_usb.ini yang ada di /Users/<username>/.android/adb_usb.ini tambahkan dengan kode 0x109b kemudian simpan.

3. restart adb server dengan adb kill-server dan adb start-server , selanjutnya cek apakah device smartfren andro kedetek atau tidak lewat $./adb devices. jika masih tidak bisa lakukan langkah selanjutnya:

4. reboot device/reboot mac os :d

seharusnya sekarang device smartfren sudah bisa kedeteksi sama adb; kalau masih belum coba pastikan lagi adb_usb.ini sudah benar-benar di tambahkan ID vendor 0x109b pada langkah 2 dan lakukan langkah 3,4.

semoga bermanfaat.

5 pemikiran pada “Cara supaya Android Adb ngedeteksi Smartfren Andro di Mac Os

  1. bang, sy sudah ikuti langkah2 diatas tapi tetep aja gak terdeteksi. saya pake andromax-i & mac os x 10.8.3. cari2 solusi dapet suruh buat path ke adb nya, udah sy lakukan juga tapi tetap tidak terdeteksi. apa ada solusi lain bang??

Tinggalkan komentar