Membuat bot Telegram

Terinspirasi dari tulisan pak Yohanes, akhirnya tadi malam saya berhasil membuat bot untuk Telegram setelah membaca tutorial yang dibuat oleh pak Yohanes tersebut. Bedanya hanya url webhook-nya saya arahkan ke salah satu endpoint API dari aplikasi saya yang lain yang saya buat dengan SlimFramework dan saya tidak menggunakan stream php://input untuk membaca post data dari telegram tapi langsung menggunakan fungsi dari slim buat baca data

$body = $app->request->getBody();

 

Bot ini berfungsi untuk mendapatkan data hadits dan terjemahnya dari beberapa kitab hadits. command-nya adalah sebagai berikut:

/<periwayat> <nomorhadits>
misalnya:
/ahmad 200
untuk mendapatkan informasi hadits nomor 200 pada kitab musnad Ahmad

dimana nama periwayatnya adalah sebagai berikut:

  1. bukhari untuk kitab shahih bukhari
  2. muslim untuk kitab shahih muslim
  3. ahmad untuk kitab musnad Imam Ahmad
  4. tirmidzi untuk kitab sunan at-tirmidzi
  5. nasai untuk kitab sunan an-nasa’i
  6. darimi untuk kitab sunan ad-darimi
  7. malik untuk kitab al-muwaththa’ karya Imam Malik
  8. ibnumajah untuk kitab sunan Ibnu Majah, dan
  9. abudaud untuk kitab hadits sunan Abu Dawud

silahkan langsung menambahkan bot-nya di sini @hadits_bot

 

semoga bermanfaat. Aamiin

9 pemikiran pada “Membuat bot Telegram

  1. alhamdulillah, luar biasa bot nya. saya juga membuat bot untuk monitoring pekerjaan di kantor yang murni 24 jam. tapi bot ente jauh lebih bermanfaat dunia akhir. tetap berkarya ya. jangan lupa share.

  2. Setelah cuba membuat rujukan beberapa nombor hadis saya bandingkn sy dapati banyak kesilapan. Contoh tarmizi hadis no 1956
    Berbicara bab senyuman pada saudara kamu.. Ternyata yang keluar hadis lain.. Mungkin ade masalah dengan database hadis.

    Sila beri perhatian. Mekasih.

Tinggalkan komentar