Ampunan

Saudara ampunan adalah pengabaian tuntutan akibat suatu kesalahan yang dilakukan oleh seseorang. Apabila seorang berdosa, apabila seseorang melakukan kesalahan dan dia harus bertanggung jawab, tapi saat dia mendapat pengampunan, maka dia terbebas dari tuntutan. 

Yang memberi pengampunan bisa Allah bisa manusia sesuai dengan objek kesalahan atau kekhilafan. Saudara Allah memberi pengampunan melalui amal amal baik yang dilakukan seseorang dengan amal baiknya itu Allah subhanahu wa ta’ala mengampuni dosanya. Itu sebabnya dinyatakan olehnya (Hadits riwayat At-Tirmidzi) 

أَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحسنةَ تَمْحُهَا

Ikutkan lah suatu kebaikan setelah melakukan satu keburukan niscaya dia akan mengampuninya. Bisa jadi pengampunan Allah terjadi akibat shalatlat akibat sedekah dan lain sebagainya.

Tetapi ada juga pengampunannya yang menuntut penyesalan dari manusia membentuk kesadaran akan kesalahan. Menuntut tekat untuk tidak mengulanginya. Itu juga salah satu cara yang dilakukan Allah untuk meberikan pengampunan kepada manusia. 

Saudara, antar manusia pengampunan diberikan oleh yang berhak memberi atas kesalahan yang dilakukan seseorang kepadanya. Yang bersangkutan dapat menuntut kelak di hari kemudian. Tetapi saudara, memaafkannya jauh lebih baik, apa yang diperoleh oleh yang memaafkan kesalahan orang lain akan memperoleh jauh lebih banyak daripada apa yang diperolehnya di dunia ini dengan berkata tiada maaf bagimu. 

Saudara, maafkanlah orang lain kalau memang Anda senang untuk diberi maaf dan ampunan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Maafkanlah, ampunilah, niscaya Anda akan diampuni oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Begitu maksud firman firman Allah semoga Allah mengampuni kita dan semoga kita saling memaafkan dan mengampuni kesalahan kita.

Tinggalkan komentar