Berusaha mengupdate keahlian dengan Pet Project: Al-Mishbah Android Application

Akhir tahun yang lalu, agar bisa mengerjakan “pet project” dengan lebih nyaman, saya, dengan izin istri tentunya :), memutuskan membeli laptop. Laptop dengan spesifikasi yang sama dengan laptop yang dipinjami oleh kantor tempat saya bekerja, MacBook Pro 13″. Ini adalah perangkat elektronik paling mahal yang pernah saya beli. Keputusan ini diambil karena keinginan saya untuk mengerjakan kembali beberapa pet project yang dulu sudah pernah saya mulai, agar tidak menggunakan properti kantor untuk keperluan pribadi.

Screenshot_2015-02-04-00-18-36

Alhamdulillah, akhirnya laptop ini berhasil menelurkan satu aplikasi yaitu Al-Mishbah, aplikasi yang berisi al-Qur’an dan hadits beserta terjemahnya. Keinginan untuk mengupdate aplikasi al-Mishbah salah satunya karena kegelisahan saya akan banyaknya aplikasi-aplikasi hadits yang sangat populer namun menempatkan iklan disamping hadits tersebut (atau iklan muncul saat akan membaca hadits), saya merasa sedih dan kurang nyaman karena menurut pendapat pribadi saya ini kurang sopan terhadap isi dari al-Qur’an dan hadits. Oleh karena itu saya membuat aplikasi al-Mishbah tersebut, semoga saja pahala berlimpah terus mengalir dari aplikasi tersebut terhadap saya, keluarga, guru-guru dan orang tua saya.

update terakhir aplikasi  Al-Mishbah tahun 2012
update terakhir aplikasi Al-Mishbah tahun 2012

Konten Berbayar

Dalam aplikasi ini saya juga mencoba hal yang baru bagi saya yaitu, In-App Billing. Sebelumnya saya lebih terbiasa menjual aplikasi secara langsung, namun sepertinya hal tersebut kurang menarik  terutama bagi pengguna smartphone Android, oleh karena itu saya saya memutuskan untuk menggunakan model freemium. Semoga keputusan saya ini tepat. Aamiin

Ada yang bertanya kenapa aplikasi ini sebagian kontennya berbayar, alasannya tentu saja karena saya membutuhkan uang terutama untuk menafkahi keluarga. Dan juga piihan memasang iklan, meskipun sangat menarik bagi saya, di aplikasi Al-Mishbah ini bertentangan dengan prinsip saya yang tidak menghendaki iklan berada di aplikasi al-Qur’an.

Development

Sebagian besar waktu development sebenarnya dilakukan pada akhir tahun 2014 dimana banyak sekali waktu libur. Inspirasi disain dari aplikasi Al-Mishbah di adopsi dari aplikasi Google play books.

IMG_20150207_141810
coret-coret disain aplikasi

Masih banyak fitur yang saya rencanakan untuk ditambahkan, tapi saya memang kurang pandai mengatur waktu :(, sehingga saat rilis masih hanya sedikit peningkatan yang dilakukan. Tapi, Insya Allah kali ini akan lebih sering lagi di update.

Nah, silahkan bagi pembaca yang berminat, langsung download aplikasinya di sini:

berikut sekilas demo videonya:

Semoga bermanfaat :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s